Header Ads Widget

Penjelasan Pengertian IoT (Internet of Things) untuk Orang Awam

To the point aja ya, di sini penulis tidak akan membahas sejarah dan asal usulnya IoT (Internet of Things) karena terlalu panjang untuk diceritakan. Justru, pada kesempatan ini, penulis ingin membahas hal-hal mendasar yang perlu anda ketahui tentang pengertian IoT, terutama bagi anda yang baru mendengar istilah IoT dan ingin mencoba memanfaatkan IoT pada proyek anda selanjutnya. Ada baiknya anda pahami dulu penjelasan yang akan penulis bahas berikut ini.

OK sobat canggih, yuk kita mulai pembahasannya.

Baca Juga: Cara Membuat Saklar Wireless Wifi Switch NodeMCU

memahami pengertian IoT
Ilustrasi Internet of Things (IoT)

Pengertian IoT

Untuk memudahkan memahami pengertian IoT, perhatikan gambar ilustrasi di atas. Berdasarkan ilustrasi gambar di atas, IoT (Internet of Things) merupakan sekumpulan perangkat/benda (things) yang terhubung dengan internet untuk dapat bertukar informasi/data.

Dengan demikian, pada IoT ada pihak yang mengirim data (publisher), menerima data (subscriber), dan yang menjadi perantara pertukaran data tersebut (broker). 

Jika kita analogikan IoT dengan sistem surat-menyurat di kantor POS, maka ada pihak pengirim, penerima (dengan alamat tertentu) dan kantor POS nya itu sendiri. Bedanya, pada IoT pesan dapat dikirim/diterima oleh siapapun yang memiliki akses terhadap alamat pesan tersebut.

Terminologi

Informasi/data/pesan pada IoT disebut dengan istilah payload. Sedangkan alamat untuk mengirim/menerima pesan disebut topic.

Publisher dan subscriber dapat berupa perangkat dengan sistem embedded (mikrokontroler, arduino, nodeMCU),  SBC/single board computer (Raspberry Pi, Banana Pi, Orange Pi, dll.), PC/komputer, gadget/smart phone, dan perangkat cerdas lainnya yang terhubung ke internet.

Sedangkan broker yang tidak lain adalah kantor POS pada analogi tadi, merupakan server tempat menyimpan data yang dikirim oleh publisher, sehingga semua subscriber dapat membaca data tersebut. Contoh beberapa broker IoT (MQTT broker) antara lain: Thingspeak, Cayenne, Mosquitto, Maqiatto, HiveMQ, Antares, dll.

Untuk mengirim/menerima pesan, publisher/subscriber hanya dapat mengakses topic jika publisher/subscriber memiliki detail credential (topic id, password, dll.) yang ditentukan oleh broker

Nah, itulah penjelasan singkat tentang pengertian IoT. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments