Header Ads Widget

Mengubah TV Biasa Menjadi Android Smart TV - Good Bye TV Mahal!

Sobat Canggih, mungkin anda berencana untuk membeli Smart TV? Tapi sebelum anda memutuskan membawa pulang gadget yang super duper mahal itu, perlu anda pertimbangkan terlebih dahulu alternatif lain supaya anda bisa menikmati semua fasilitas yang dimiliki Smart TV namun dengan biaya super low cost. Alternatifnya tidak lain adalah dengan membeli sebuah gadget merakyat bernama Android STB (Set Top Box). Berikut ini kami akan berikan cara mengubah TV biasa menjadi Android Smart TV.


Apa Itu Android STB ?

STB (set-top box) adalah alat yang berisikan perangkat dekoder yang berguna untuk mengatur saluran televisi yang akan diterima, kemudian dipilih sesuai kebutuhan, dan juga dekoder akan memeriksa hak akses pengguna atas saluran tersebut, kemudian akan menghasilkan keluaran berupa gambar, suara, dan layanan lainnya. Dilihat dari bagaimana cara kerja dekoder ini yang bekerja satu arah dan juga dapat bekerja tanpa campur tangan manusia, dekoder dapat dikatakan sebagai salah satu perangkat teknologi informasi. Android STB dibuat dengan perangkat keras dan perangkat lunak (program) yang mirip dengan handphone android (tanpa fasilitas telepon dan sms) sehingga dapat menjalankan sebagian besar aplikasi android.

Perangkat yang Diperlukan

Untuk mengubah TV biasa menjadi android smart TV, hanya perlu beberapa item:

  • TV LED/LCD dengan koneksi HDMI atau TV tabung dengan koneksi RCA
TV Biasa

TV LED/LCD


Macam-Macam STB


  • Kabel HDMI jika menggunakan TV LED/LCD (biasanya sudah termasuk di dalam paket andoid STB) 
  • Kabel RCA jika menggunaan TV tabung (biasanya sudah termasuk di dalam paket andoid STB) 
  • Adaptor STB (biasanya sudah termasuk di dalam paket andoid STB)
  • Remote STB (biasanya sudah termasuk di dalam paket andoid STB)


Cara Pasang STB ke TV Biasa

Untuk mengubah TV Biasa yang anda miliki menjadi Android Smart TV, hanya memerlukan 1 set perangkat STB yang di dalamnya sudah tersedia STB (set top  box), kabel HDMI / RCA, remote, dan adaptor. Untuk memasangnya silahkan ikuti langkah-langkah pada video berikut ini.

STB ke TV Tabung

Sumber: Youtube Christian Hariyanto


STB ke TV LED/LCD

Sumber: Youtube Den Mas Anto


Kesimpulan

Jika anda bandingkan harga Android Smart TV dengan kisaran Rp 4 juta hingga 7 juta lebih, maka dengan hanya membeli paket STB yang harganya di kisaran Rp 200 ribuan, adalah solusi yang mudah dan murah agar anda dapat menikmati hiburan mewah di rumah anda. Terutama di masa pandemi sekarang ini, tentunya semua orang terpaksa harus berada di rumah pastinya perlu hiburan. Nah.. bagaimana? Masih ingin membeli Smart TV?

Baca Juga: Flashing STB ZTE B860 Tanpa Bongkar - Fix FW Bejat

Post a Comment

0 Comments