Programmer ISP AVR STK500 untuk Mikrokontroler Atmel

Programmer atau biasa juga disebut Downloader adalah salah satu alat yang diperlukan jika anda bekerja dengan mikrokontroler. Beruntung sekali, tak sulit membuat programmer ISP (In-System Programmer) yang benar-benar berfungsi karena saat ini banyak sekali sumber open source yang bisa anda temukan di internet. Jadi, saya putuskan untuk membuat programmer STK500 yang saya ambil sumbernya dari tuxgraphics.com. Komponen-komponen yang digunakan pada umumnya merupakan komponen SMD (surface mounted devices) sehingga ukurannya cukup kecil untuk dirakit menjadi sebuah programmer ISP.

Sepintas Mengenai STK500 V2 programmer





Programmer yang saya buat ini adalah clone dari AVR STK500 programmer original. Alat ini dapat bekerja pada semuat platform termasukWindows, Linux, dan MacOS X. Hal ini disebabkan komponen utama yang digunakan yaitu converter USB to serial TTL yang digunakan yakni FT232RL memiliki support driver di semua platform. Selain itu, alasan utama kenapa saya membuat programmer ini karena bisa digunakan langsung pada Code Vision AVR, AVR Studio, dan AVR Dude yang umumnya juga digunakan oleh pengguna Linux. Programmer ini sangat populer di kalangan penggemar elektronika dan tersedia dalam berbagai versi desain PCB, salah satunya desain yang saya buat ini.

Source: www.tuxgraphics.org

STK500 programmer hardware

Sebagaimana saya sudah sampaikan beberapa komponen merupakan SMD, saya simpan di bagian bawah PCB. Sebagian lainnya saya gunakan komponen biasa seperti header, LED, switch, soket USB, dan IC Atmega8 dengan package DIP (Dual Inline Package) sebagaimana tampak pada gambar di bawah. Desain pertama saya buat dengan software Altium Designer kemudian saya buat PCB-nya dan langsung perakitan komponen pada PCB.




Flashing Atmega8

Setelah selesai dirakit, kemudian IC Atmega ini saya program dengan programmer ISP lain yang saya miliki. Kebetulan sebelumnya saya punya programmer ISP dengan interface LPT (Port parallel komputer). Firmware ISP STK500 yang saya gunakan dapat ditemukan di sini. Jangan lupa untuk men-setting Fuse Bits IC Atmega8 setelah proses pemrograman supaya IC dapat bekerja sebagaimana mestinya. Anda bisa gunakan Ponyprog untuk men-setting Fuse Bits.

Atau juga bisa setting dengan AVR Dude seperti berikut:




Low byte: 0xEE;
High byte: 0xE9.

Menjalankan STK500 USB AVR In-System Programmer di Codevision AVR

Silahkan instal driver USB to serial ini. Kemudian tancapkan plug USB dari programmer ke port USB komputer atau laptop, seketika komputer akan mendeteksi hardware tersebut.

Buka Codevision AVR dan klik Setting -> Programmer. Klik drop down dan pilih Atmel STK500/AVRISP. Kemudian pilih port COM sesuai hardware yang
terdeteksi pada port USB.
Setelah itu, klik menu Project -> Configure, klik tab "after build" dan centang "Program the Chip".

Pada saat anda melakukan programming dengan klik "Build All" maka akan ada button untuk "Programming the chip" langsung pada jendela popup Code Vision AVR tanpa memerlukan software programmer lain seperti ProgISP, Khazama, AVR Dude, atau lainnya.


Selamat berkreasi, sukses buat kita semua!

Posting Komentar

0 Komentar