Cara Memperbaiki TV Layar Blank Merk Polytron

Permisi agan master-master expert service TV yang di Jaya Plaza, Cikapundung Bandung, atau di semua pelosok negeri ini, bukannya saya melangkahi tapi mohon ijin sharing sedikit hasil otak-atik TV kesayangan ibu saya untuk para netizen yang mungkin punya masalah yang sama. Kali ini yang jadi objek service yaitu TV Polytron modelnya saya lupa catat hehe.. begini penampakannya.

Gejala kerusakan TV ini yaitu tidak adanya gambar pada layar televisi alias gambar blank, tapi suara terdengar pada speaker. Pada saat awal dinyalakan, muncul warna putih pada layar sekejap, lalu kembali layar hitam.

Lanjut saja "Si Hitam" ini saya bawa pulang dari rumah orang tua saya, dan berharap bisa menemukan penawar penyakit yang dideritanya, soalnya di rumah saya peralatannya lebih lengkap dibanding di rumah orang tua saya.

Langkah Pertama - Cara Memperbaiki TV

Si hitam saya bongkar body-nya dengan membuka sejumlah baut di belakang casing TV.

Langkah Kedua - Cara Memperbaiki TV





Semua kabel yang terkoneksi dan baut-baut pada board PCB dilepas untuk memerikasa PCB. Pemeriksaan dimulai dengan memeriksa board power supply yang terletak di sebelah kiri (PCB warna coklat). Saya lihat secara visual semua solderan baik, tidak ada yang terlepas. Lalu pemeriksaan visual dilanjut pada board mesin TV (PCB warna hijau). Hasilnya pun sama, tidak ada solderan yang terlepas juga.

Langkah Ketiga - Cara Memperbaiki TV

Pemeriksaan masih secara visual, namun kali ini saya periksa bagian atas yaitu komponennya. Pada board power supply nampak dua buah elco agak gembung, tidak seperti biasanya. Pada tahap ini, saya sudah curiga kalau komponen tersebut rusak.

Langkah Keempat - Cara Memperbaiki TV

Elco ini nilai kapasitansinya sebesar 1000uF/50V. Kebetulan saya cek di stok komponen di rumah ada elco dengan nilai tersebut, jadi gak perlu repot-repot pergi ke toko spare part untuk beli 2 buah elco ini. Maklum, lokasi rumah di Cimahi, sulit menjangkau toko elektronika yang notabene ada di Bandung. Kalaupun ada di Cimahi, komponen yang dicari jarang tersedia. Lanjut saja saya lepas komponen dengan solder dan atractor, dan memasang komponen baru pada board power supply.

Langkah Kelima - Cara Memperbaiki TV

Semua kabel saya pasang kembali pada board yang ada. Lalu TV dinyalakan dan hasilnya... Logo Polytron muncul. Lalu TV menampilkan siaran seperti biasanya. Baut-baut PCB dan casing dipasang kembali, dan TV siap dipulangkan kembali pada pemiliknya.




Posting Komentar

0 Komentar