Header Ads Widget

Cara Setting Bel Otomatis Edtronics ESB Talk MP3


Bel Otomatis ESB Talk MP3 - Bel Otomatis Tanpa Komputer yang Dapat Berbicara dengan Lagu MP3 MicroSD/Flash Disk

Bel Otomatis Edtronics tipe ESB Talk MP3 adalah salah satu bel otomatis pintar tanpa komputer yang diproduksi oleh Edtronics Innovation Bandung. Output dari bel otomatis ini berupa lagu MP3 yang tersimpan di memori eksternal yaitu MicroSD dan Flash Disk. Pada saat jam real time yang tertampil pada layar LCD sama dengan jadwal bel yang tersimpan pada memori maka bel otomatis akan bekerja membunyikan lagu yang telah dipilih pada pengaturan secara otomatis. Bel otomatis ini tidak memerlukan perangkat komputer karena sudah memiliki unit mikrokontroler cerdas yang mampu melakukan otomatisasi 20 jadwal dering per harinya (total 7 hari). Bel otomatis ini memerlukan perangkat audio tambahan (amplifier & speaker) untuk dapat beroperasi dengan baik. Kelebihan bel produksi Edtronics Innovation tipe ESB Talk MP3 ini yaitu mampu mengucapkan informasi jam bertepatan dengan bunyi bel dan pilihan lagu yang dapat dipilihan mencapai ribuan lagu, tidak terbatas durasi lagu asalkan memori MicroSD/Flash Disk-nya masih mampu menampung lagu tersebut. Kapasitas memori MicroSD/Flash Disk yang dapat didukung up to 32 GB.






Bagaimana Cara Setting Bel Otomatis ESB Talk MP3?

Untuk memastikan bel otomatis ESB Talk MP3 yang anda gunakan di kantor, pabrik, maupun sekolah sebagai pengotomatisasi dering alarm pergantian jam kerja/jam belajar dengan tepat maka anda perlu mengatur (setting) bel tersebut dengan benar. Oleh karena itu, berikut ini kami sajikan cara-cara setting bel tersebut.

  1. Hubungkan kabel power dan kabel audio pada bel dan amplifier, lalu hubungkan steker kabel power ke sumber listrik AC 220 Volt. Untuk menghindari bahaya tersengat arus listrik, jangan menyentuh bagian output amplifier switcher pada saat sumber listrik sudah terhubung.
  2. Tekan tombol POWER pada posisi turun hingga bel mulai beroperasi dan LCD menampilkan “Bel Otomatis Edtronics”.
  3. Lakukan pengaturan jam dan jadwal bel dengan menggunakan keypad yang tersedia pada bel otomatis.
  4. Bel akan otomatis membunyikan lagu atau informasi pengucap jam jika jam real time sama dengan jadwal pada memori bel.

Jika ingin menambahkan file lagu MP3 atau WAV:
  1. Silahkan rename file tersebut secara berurutan dimulai dari: 0041.mp3, 0042.mp3, hingga maksimal 2999.mp3.
  2. Simpan file tersebut di Micro SD atau Flash Disk tanpa folder (tidak boleh membuat folder di root direktori micro SD/Flash Disk.
  3. File bawaan di Micro SD, 001 hingga 040 tidak boleh dihapus karena akan menyebabkan mode pengucap jam tidak berfungsi.
  4. Jika menginginkan sumber suara berasal dari Flash Disk, aturlah setting MODE BEL-->Pilihan Input, lalu pilihlah Flash Disk. Secara default pilihan dipilih Micro SD.
  5. Jika Memilih Micro SD, lepaskanlah Flash Disk karena bel tidak akan bekerja normal jika kedua sumber media digunakan.


Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca kembali buku panduan Bel Otomatis ESB Talk MP3 anda dan lihat video demo penggunaan bel pada video berikut ini.

Video Demo Bel Otomatis Edtronics ESB Talk MP3:

Post a Comment

0 Comments