Memperbaiki Kipas Angin Rusak

Kipas angin rusak (ilustrasi)
Halo Sobat Canggih, kali ini saya ingin berbagi pengalaman memperbaiki kipas angin saya yang rusak. Setahun yang lalu tepatnya, kipas angin ini tiba-tiba saja mati setelah digunakan cukup lama. Maklum merek abal-abal kali ya... hihihi.. Kipas angin ini adalah barang pemberian orang, jadi gak mungkin saya tolak deh.. lumayan buat ngadem di rumahku yang mungil. Tapi memang sesuai prediksi saya, nih barang gak akan kuat hidup hingga setahun. Dari sejak pertama kali digunakan suaranya agak serem, berisik dan bergetar.








Waktu rusak gak sempat otak-atik karena sibuk, akhirnya kipas ini saya simpan saja di gudang nunggu ada waktu buat benerinnya. Ditambah waktu itu kebetulan dapat lagi kipas angin gratisan hadiah dari nge-gowes. Lebih kecil sih tapi lumayan lah... yang penting badan sehat hati happy...
Oh iya sobat.. nge-gowes itu bikin kita sehat lho, selain itu yang paling penting lagi tambah rejeki.. terutama kalau fun bike-nya ada hadiah-hadiah doorprize-nya. Waktu pertama kali ikut gowes, malah saya pinjam sepeda ipar dan pulang bawa dua sepeda karena menang undian doorprize.. Alhamdulillah gak nyangka banget..

Udah dulu cerita gowesnya, lanjut nyervis yuk... :D

Dari gejalanya, saya pikir kipas ini ada masalah di sistem powernya. Ya sudah, lanjut saya bongkar deh tuh kipas pake obeng. Buka semua bautnya, hingga saya bisa lihat bagian dalamnya kira-kira seperti ini.

Penampakan tadi itu adalah bagian motor dari kipas angin. Sebenarnya konfigurasi kipas angin ini sederhana sekali. Terdiri dari bagian saklar pemilih kecepatan putaran motor, thermal fuse, kapasitor, kemudian motor ac. Fungsi thermal fuse pada kipas angin berfungsi sebagai pengaman arus atau panas berlebih. Jika kumparan digunakan cukup lama atau motor macet maka akan menyebabkan panas pada kumparan motor ac. Pada kondisi ini kumparan motor ac bisa terbakar sehingga thermal fuse bekerja memutuskan arus listrik sebelum kumparan motor ac rusak. Begitu kira-kira hasil penelitian saya. Beginilah penampakan thermal fuse tersebut.

Thermal fuse ini menempel di pangkal kumparan untuk mendeteksi peningkatan suhu pada kumparan.

Satu lagi, komponen berbentuk kotak hitam itu namanya kapasitor. Terlihat satuan "uF" dan tegangan "Volt" di badannya, gak salah lagi itu namanya kapasitor. Kapasitor ini dipasang paralel dengan motor ac untuk menstabilkan putaran motor ac.

Diagram keseluruhan kipas ini kira-kira seperti ini (nemu di internet).

Dari diagram di atas, saya mulai periksa bagian input listrik ac 220v menuju saklar pemilih kecepatan, hasilnya OK. Lanjut saya periksa kabel-kabel yang menuju motor. Untuk itu bagian housing motor harus dibuka terlebih dahulu. Hasilnya saya temukan bahwa thermal fuse-nya putus. Langsung saya jumper saja kaki fuse-nya. Setelah itu saya coba pasang kembali housing motornya, ternyata sekarang motornya berdengung, tapi rotornya tidak berputar... bingung... nonton youtube dulu deh. Cari tutorial cara memperbaiki kipas angin.

Udah loncat-loncat video gak nemu yang sama, tapi ada satu yang menginspirasi. Ternyata rotor kipas angin tidak akan berputar jika terdapat gumpalan debu di sela-selanya. Nah, saya perhatikan di bagian itu sama sekali gak ada debu.. alias mulus sob. Tapi saya coba putar-putar rotornya. Ternyata agak kaku, gak bisa berputar bebas.

Kebetulan di atas meja ada palu, bagian belakang rotor itu saya ketok dikit pake palu... dan putaran rotornya jadi agak longgar. Saya coba kipasnya diberi aliran listrik dan akhirnya kipasnya bisa berfungsi normal lagi... untung ada palu.. hehe.

Mudah-mudahan jadi inspirasi buat yang lagi nyervis kipas angin di rumahnya.



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Terimakasih atas pencerahannya jadi tau penyebab kipas angin saya ga jalan
    Sukses selalu

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar. Saya akan dengan senang hati berdiskusi dengan anda...

Mohon gunakan kalimat santun, tidak vulgar/menyinggung sara.